Monday 25 August 2014

Racikan 'Bumbu' Lowrider Di Tangan Juru Masak


kali ini kita akan angkat profil dari sesosok Juru Masak salah satu restoran Jepang di Jakarta dalam meracik suatu 'bumbunya' di sepeda lowrider impiannya. Halo perkenalkan nama saya Herry Kiswadi tapi biasa dikenal oleh sobat sobat dengan nama Gerry. Hobi saya diluar membangun sepeda lowrider yaitu futsal. Saya penggemar Jogja Hiphop Foundation dan Superman Is Dead. Saya penggemar makanan khas Indonesia yaitu Sate Ayam. kali ini saya akan bercerita bagaimana pengalaman saya membangun sepeda lowrider dari sejarah, inspirasi hingga saya bergabung dengan SILBC.  
sejarah pertama ngedapetin sepeda kesayangannya: pertama kali waktu itu ngedapetin part-part lowrider tau dari media sosial via facebook cari-cari dan dapet lah frame pabrik lokal ukuran20'' dan springernya di daerah lubang buaya dan ternyata yang jual adalah om Hilda Ari Candra yang sekarang di juluki juragan LB dan sisa part lain seperti stang, banana rim set, dan sisiybar di dapat di toko sepeda AKAS tokonya berada di sekitar toko sepeda Pasar Rumput, berselang berapa lama saya pun tertarik dengen sepeda model roda 3 lalu coba browsing lagi dan cari info dimana yang bisa buat. Ternyata yang saya dapat ada di daerah Tanjung Priok yaitu bengkel las Jums Custom akhirnya tercapai juga punya sepeda roda 3. 


Sekitar 1 tahun setelah dibangun,karena tidak ada tempat untuk menaruh sepeda trike akhirnya saya putuskan untuk menjual sepeda dan hasilnya untuk membuat sepeda lagi dengan konsep yang terbaru dan lebih segar dari sebelumnya, sempat punya frame merk Benny 'lady' hasil penawaran dari om Taufan Mahardika dari BSL saya pun punya ide untuk membuat sepeda yang biyasa saja dengan warna kuning lemon, tanpa disadari kebetulan temen sekolah dari SD dan SMP yaitu Hary Fitriyanto (Alex) bilang "Ger kite bikin street aja yuk" dan akhirnya dirombak lagi menjadi sesuai apa yang di inginkan, mulai lagi memesan part seperti springer kali ini pake springer tipe OG, dan velg dengan rims 68 hole boleh pesan sama bang Jums lagi.
Kalau ide/inspirasi saya mendapatkannya dari hasil browsing di sosial media, karena banyak sekali model-model sepeda yang bisa kita jadikan inspirasi untuk kita gabungkan dengan konsep yang kita punya jadi ya ga 100% mirip. Proses pengerjaannya berapa lama? Kalau di hitung lamanya ya ga bisa di tebak pasti paling butuh proses 3-4 bulan, karena tergantung dari tempat kita pesan part. 
Kebetulan sebelum tau tentang lowrider/SIL-BC saya sendiri memang aktif ikut acara gowes bersama Komunitas Sepeda Manggarai (KSM) pengurusnya sendiri kebanyaknya yang saya kenal yaitu tetangga saya dan mayoritas penggowes bapak-bapak/ibu-ibu di sekitar kediaman rumah saya. saya merasa salut buat mereka karena sering keliling dengan sepeda. ketika saya melihat sepeda lowrider di sekitaran HI yang parkir ada juga terpampang banner lumayan besar yang bertuliskan 'SWEET IRON LOWRIDER', nah dari situ saya cari tau tentang seluk beluknya melalui sosial media via facebook hingga saat ini saya menjadi pemantau dan pengompor sobat saya yang baru bergabung ke SILBC di wilayah saya yaitu Manggarai. 


Saya bergabung dengan SILBC tepatnya setelah bulan puasa di tahun 2011 yang kebetulan komunitas SILBC akan gowes ke acara GPRS di daerah Tanjung Priok, waktu itu ada 'Balita' selalu membawa 'senjatanya' kamera dan handycam di tas poketnya yang biasa disebut om gaul dan ternyata itu Oom Djoko beliau lah yang langsung menawarkan untuk ikut gowes bersama saat itu kami dari manggarai hanya bertiga Saya, Deri Dan Dimas menjelang siang dan tibanya car free day hampir usai mulai lah para penggowes menunggangi tunggangannya masing-masing, setelah sampai di tempat acara kontes banyak sekali pengowes dari sekitar Jakarta bahkan mungkin ada yang dari luar Jakarta yang saat itu saya sendiri belum tau nama komunitas mereka apa, setelah sore acara usai kami pun rombongan SILBC bergegas meninggalkan lokasi acara dan berpisah dengan yang lain dari Rempoa dan Kebon Jeruk di daerah Hotel Sampoerna, Kuningan. 






Spek sepeda
- Frame: Benny 'lady' by Taufan BSL dan BB custom besar By Pandi 
- Stang: Baby Apehanger Custom by Bang Jums 
- Springer Fork : OG Custom by bang Jums 
- Jok: Banana engraving by Mas Agus Furidaz Solo
- Rims/velg: rims 68 Hole croom by Bang Jums 
- Ban & Ukuran: CST 20x2.125 by Om Ito 
- Sisibar: Clamp model lurus 
- Asesoris:
- Tiang antena Dtwist custom by Bang Jums, 
- Grip hijau gliter by Agung, 
- Handmade Bendera negara 'mexico' by Saya
- Warna cat : Hijau pilox 'samurai' by Heri (tetangga sebelah) kebetulan abangnya Dimas 







Ditulis oleh : Gerry

1 comment:

  1. Oom Gerry, msh gowes?
    Mau tanya, bengkel las Jums Custom bisa custom selain lowrider kah?

    ReplyDelete