Tuesday 8 April 2014

Jenis - Jenis Sepeda Lowrider

  Setelah membahas cerita singkat Sejarah sepeda lowrider & Diagram lowrider. Kali ini saya akan membahas lebih dalam tentang jenis-jenis sepeda lowrider yang terdapat di dalamnya. Budaya lowrider ini yang kental dari dua aliran musik di dunia yang sangat terkenal yaitu punk dan hiphop. Artis di masing-masing aliran musik ini juga sering memakai sepeda lowrider di dalam konsep video klip hingga konsep penampilan aksi panggung mereka.
Sebenarnya kata yang tepat sepeda seperti ini adalah sepeda kustom, dimana sebuah sepeda yang di modifikasi ringan hingga ekstrim. Sedangkan lowrider itu adalah gaya modifikasi sepeda dengan ciri khas chrome, cat mengkilap, stang apehanger, ceper, dan memiliki jari-jari rapat. Tetapi di Indonesia sendiri kata 'lowrider' menjadi sepeda unik akan modifikasinya yang termasuk didalamnya yaitu Under20 Lowrider, Restorasi Klasik / American Muscle Bike, Lowrider, Cruiser, Klunkerz, Boardtrack, Chopper, Limo & Trike. kata lowrider menjadi salah jenis sepeda yang ada selain sepeda ontel, sepeda bmx, sepeda mini, sepeda gunung & sepeda balap. Tetapi itu tidak masalah karena kata lowrider sendiri sudah lebih dikenal banyak oleh masyarakat Indonesia dibanding sepeda kustom. Kali ini saya akan mencoba menjelaskan jenis-jenis sepeda lowrider beserta kategori apa saja yang bisa diikuti dalam kontes sepeda lowider. Jenis-jenis sepeda lowrider yaitu: Under20 Lowrider, Restorasi Klasik / American Muscle Bike, Lowrider, Cruiser, Klunkerz, Boardtrack, Chopper, Limo & Trike. Jenis-jenisnya yaitu:

1. sepeda Under 20 (dibawah 20) yaitu : 
Sebuah sepeda berukuran dibawah ukuran sepeda 20 inch. Ukuran under20 inch adalah lingkar diameter suatu roda sepeda yang dapat di ukur dari as roda hingga garis luar rims sepeda dihitung kurang dari 20inch. Sepeda ini diperuntukan yang berumur 4-8 tahun karena sesuai dengan postur tubuhnya. di jenis sepeda ini ada ukuran 12, 16, & 18.

Kategori kelas kontes yang bisa di ikuti jenis sepeda under 20 ini adalah:

  • Restorasi klasik under20: yaitu sepeda yang telah mengalami proses restorasi yang mengacu pada bentuk asli dari sepeda. dari mulai perbaikan cat, proses chrome sampai pergantian part yang bertujuan mengembalikan ke bentuk asal sepeda pada waktu di produksi di awal. biasanya memakai acuan buku panduan hingga brosur iklan sepeda tersebut di zamannya.

  • Custom Under 20: yaitu sepeda yang telah mengalami proses modifikasi ringan hingga ekstrim yang diniliai bedasarkan tingkat kesulitan pembuatan part yang terdapat di sepeda, proses kerapihan pengelasan kerangka sepeda, proses kerapihan pengecatan, estetika sebuah sepeda, konsep sebuah sepeda, adanya ukiran & pinstrip menjadi nilai tambah dan display sebuah sepeda.



2. Jenis sepeda Restorasi Klasik / American Muscle Bike yaitu : 
Aliran ini merupakan memodifikasi sepeda yang sudah uzur dimakan zaman dengan semirip seperti aslinya sepeda tersebut diproduksi di awal. Biasanya acuan merestorasi sepeda ini bedasarkan buku panduan maupun sebuah brosur iklan sepeda tersebut yang sudah di perbarui. sepeda jenis ini berciri khas dengan frame pelangi (frame laki atau frame perempuan) memakai ban & rims ber ukuran 20inch dipadukan part seperti springer atopun fork original si sepedanya itu sendiri, stang apehanger, banana seat, & sisybar.
kategori kelas kontes yang bisa diikuti jenis sepeda restorasi / american muscle bike ini adalah:

  • Restorasi klasik 20 yaitu : semua sepeda berkerangka pelangi ( men or women frame) berukuran 20 baik import atau lokal yang telah mengalami proses restorasi yang mengacu pada bentuk asli dari sepeda. dari mulai perbaikan cat, proses chrome sampai pergantian part yang bertujuan mengembalikan ke bentuk asal sepeda pada waktu di produksi di awal biasanya memakai acuan buku panduan hingga brosur iklan sepeda itu di zamannya.

3. Jenis sepeda Lowrider yaitu : 
Sebuah sepeda jenis ini berciri khas dengan frame memiliki pelangi dibagian tengahnya (frame pria atau frame wanita) memakai ban & rims biasanya ber ukuran 20" dipadukan part seperti springer, stang apehanger, banana seat, sisybar, cat metalik, jari-jari rapat, & biasanya part tersebut dilapisi chrome. 







kategori kelas kontes yang bisa diikuti jenis sepeda lowrider ini adalah:

  • Street Custom20 yaitu : Penjelasan regulasi kontes di US itu semua sepeda berkerangka pelangi ( men or women frame) baik impor atau lokal yang mengalami proses modifikasi ringan TANPA MERUBAH bentuk frame asli ( bondo, memotong tiang jok). yang diniliai bedasarkan tingkat kesulitan pembuatan part yang dipakai, proses kerapihan pendempulan frame, proses kerapihan pengecatan, estetika sebuah sepeda, konsep sebuah sepeda, adanya ukiran & pinstrip menjadi nilai tambah dan display sebuah sepeda

  • Radical Custom20 yaitu : semua sepeda berkerangka pelangi ( men or women frame) baik impor atau lokal yang sudah mengalami proses modifikasi secara menyuluruh. modifikasi dapat berupa perubahan bentuk frame dan pem-bondo-an, menggunakan part ber plat, engrave( ukiran), finishing plat (gold plate atau chrome), pengecatan, & konsep. yang diniliai bedasarkan tingkat kesulitan pembuatan part yang dipakai, proses kerapihan proses pengelasan frame, proses kerapihan pengecatan, estetika sebuah sepeda, konsep sebuah sepeda, adanya engrave & pinstrip menjadi nilai tambah dan display sebuah sepeda.



4. Jenis sepeda Cruiser yaitu : 
sepeda tipe ini biasa dipakai di pantai Amerika. tipe jenis sepeda ini hampir sama dengan sepeda lowrider. dengan ber ciri khas frame rainbow ( pria ataupun wanita ), memakai springer atau fork original, memakai stang 'halfmoon', menggunakan ukuran rims dan ban 26 atau 24 & jok single seat.




Seiring perkembangan dunia kustom dan melimpahnya informasi dari web luar adanya aliran gaya modifikasi baru dalam jenis sepeda cruiser yaitu:

4.1 Klunkerz yaitu : Sepeda ini merupakan jenis beach cruiser juga. akan tetapi pada era 1970 awal sepeda tersebut biasa dipakai 'berkencan' sama pemiliknya untuk menuruni gunung di daerah California bagian utara. Sepeda ini tipe juga merupakan sejarah perkembangan sepeda MTB & downhill. Berciri khas memakai ban pacul berukuran diatas 26x2.00, memakai transmisi internal gear / gearset, single seat, & stang mtb atau bmx oldskool.



4.2 Boardtrack yaitu : dikutip dari sini. Boardtrack adalah berbasis frame cruiser26 ataupun kustom yang disesuaikan oleh geometri si pengendara. berciri khas memakai stang cruiser yang di balik atau stang" kumis" ataupun memakasi stang flat bar dan memakai springer tipe monark. sepeda jenis ini cocok penggemar balap dan memacu adrenalin. Pada awal tahun 1910an Adalah sepeda olah raga untuk lintasan velodrome alas papan atau tanah. Sepeda boardtrack pertama kali di perkenalkan di Jalur papan pertama untuk lomba dibuka di Los Angeles Coliseum dekat Playa del Rey, California.








kategori kelas kontes yang bisa di ikuti jenis sepeda Cruiser ini adalah:



  • Restorasi klasik 26 yaitu : semua sepeda berkerangka pelangi ( men or women frame) 26 baik impor atau lokal yang telah mengalami proses restorasi yang mengacu pada bentuk asli dari sepeda. dari mulai perbaikan cat, proses chrome sampai pergantian part yang bertujuan mengembalikan ke bentuk asal sepeda pada waktu di produksi di awal biasanya memakai acuan buku panduan hingga brosur iklan di zamannya.




  • Custom 26 yaitu : semua sepeda ber kerangka sepeda 26 baik impor atau lokal yang mengalami proses modifikasi ringan maupun secara menyuluruh. modifikasi dapat berupa perubahan bentuk frame dan pem-bondo-an, menggunakan part twist atau ber plat, ukiran, finishing plat (gold plate atau chrome), pengecatan, & konsep. yang diniliai bedasarkan tingkat kesulitan pembuatan part yang dipakai, proses kerapihan pendempulan frame, proses kerapihan pengecatan, estetika sebuah sepeda, konsep sebuah sepeda, adanya engrave & pinstrip menjadi nilai tambah dan display sebuah sepeda

5. Jenis sepeda Chopper yaitu :
Sebuah sepeda yang memiliki ciri khas adanya TRIPLE TREE FORK dan sejenisnya yang seperti dipakai di motor-motor kustom chopper. Biasanya frame yang digunakan dari kreasi desain pemiliknya ataupun bisa memakai frame sepeda cruiser ataupun limo.


kategori kelas kontes yg bisa di ikuti jenis sepeda chopper ini adalah:

  • Chopper yaitu : Semua sepeda yang memiliki frame chopper,fish frame atau pun cross frame dengan fork triple three dan sejenisnya. yang diniliai bedasarkan tingkat kesulitan pembuatan part yang dipakai, proses kerapihan pendempulan frame, proses kerapihan pengecatan, estetika sebuah sepeda, konsep sebuah sepeda, adanya engrave & pinstrip menjadi nilai tambah dan display sebuah sepeda



  • Custom26 (dengan syarat jika kuota peserta kelas chopper kurang dari 3) yaitu : semua sepeda ber frame 26 baik impor atau lokal yang mengalami proses modifikasi ringan maupun secara menyuluruh. modifikasi dapat berupa perubahan bentuk frame dan pem-bondo-an, menggunakan part twist atau ber plat, ukiran, finishing plat (gold plate atau chrome), pengecatan, & konsep. yang diniliai bedasarkan tingkat kesulitan pembuatan part yang dipakai, proses kerapihan pendempulan frame, proses kerapihan pengecatan, estetika sebuah sepeda, konsep sebuah sepeda, adanya engrave & pinstrip menjadi nilai tambah dan display sebuah sepeda
6. Jenis sepeda Limo atau Stretch Cruiser yaitu : 
Sebuah sepeda memakai kerangka sepeda berbentuk limosin yang berciri khas berbentuk panjang dan memakai kurang lebih 2 rantai sepeda dari crank sebuah penggerak gir depan dengan gir penggerak roda belakang. Ataupun bisa juga memakai frame basman yang merupakan sebuah tipe sepeda yang didisain oleh disainer sepeda berasal dari belanda yang pastinya dilindungi hukum internasional. Sepeda tipe ini banyak diminati oleh orang-orang eropa maupun amerika karena sesuai postur tubuh mereka yang tinggi dan besar.
kategori kelas kontes yg bisa di ikuti jenis sepeda Limo / Stretch Cruiser ini adalah:


  • Chopper ( dengan syarat sepeda memakai triple tree fork ) yaitu : Semua sepeda yang memiliki berkerangka chopper,fish frame atau pun cross frame dengan fork triple three dan sejenisnya. yang diniliai bedasarkan tingkat kesulitan pembuatan part yang dipakai, proses kerapihan pendempulan frame, proses kerapihan pengecatan, estetika sebuah sepeda, konsep sebuah sepeda, adanya engrave & pinstrip menjadi nilai tambah dan display sebuah sepeda
  • Custom26 yaitu : semua sepeda ber frame 26 baik impor atau lokal yang mengalami proses modifikasi ringan maupun secara menyuluruh. modifikasi dapat berupa perubahan bentuk frame dan pem-bondo-an, menggunakan part twist atau ber plat, ukiran, finishing plat (gold plate atau chrome), pengecatan, & konsep. yang diniliai bedasarkan tingkat kesulitan pembuatan part yang dipakai, proses kerapihan pendempulan frame, proses kerapihan pengecatan, estetika sebuah sepeda, konsep sebuah sepeda, adanya engrave & pinstrip menjadi nilai tambah dan display sebuah sepeda
7. Jenis sepeda Trike 
Sepeda 20", 24, 26 memiliki 3 roda penggerak 'tricycle' atau trike,dengan semua ukuran frame dan tanpa batas modifikasi.(sidecar/sespan tidak termasuk dalam kategori ini)



kategori kelas kontes yang bisa di ikuti jenis sepeda Trike ini adalah:


  • Trike yaitu : Sepeda berukuran 20", 24, 26 memiliki 3 roda penggerak 'tricycle' atau trike,dengan semua ukuran frame dan tanpa batas modifikasi.(sidecar/sespan tidak termasuk dalam kategori ini). yang diniliai bedasarkan tingkat kesulitan pembuatan part yang dipakai, proses kerapihan pendempulan frame, proses kerapihan pengecatan, estetika sebuah sepeda, konsep sebuah sepeda, adanya engrave & pinstrip menjadi nilai tambah dan display sebuah sepeda.
sekian sharing kita tentang jenis2 sepeda lowrider. kami mohon kepada sobat-sobat kustom sebaiknya agar TIDAK asal menjiplak blek hasil karya orang lain terutama frame BASMAN, RUFF dll. mereka lebih respect dengan menggunakan kata 'tribute to basman' dll karena produk mereka TERLINDUNGI HUKUM INTERNASIONAL dan bisa saja suatu hari mereka MENUNTUT hukum bagi yang memproduksi frame mereka tanpa izin. ayo desain sepeda kalian dengan kerahkan seluruh kreatifitas kalian miliki, kami yakin Indonesia memiliki banyak talenta di bidang kustom khususnya lowrider, mudah-mudahan informasi ini berguna bagi sobat-sobat. terimakasih sobat-sobat yang sudah sabar berdiskusi mengenai hal ini dan juga terimakasih yg sudah mau membaca artikel ini.


salam kustom :D

Baca juga artikel lainnya di >> Daftar Blog

15 comments:

  1. klau mau beli sepedanya di mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja ke sini dulu https://www.facebook.com/groups/djindrow/ soalnya kami sedang mempersiapkan materi blog daftar builder & seller se Indonesia

      Delete
  2. wahhhh mantap bos. terimakasih informasinya
    semoga bisa jadi inspirasi bagi teman-teman, cheeers

    @salam dari pacitan

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. cari rangka lowrider murah dimana gan

    ReplyDelete
  5. terima kasih, sangat membantu

    ReplyDelete
  6. Thx utk infonya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/kegunaan-bike-holder/

    ReplyDelete
  7. info yg sangat berguna,. mungkin yg cocok bagi sye sebagai seorang cholo indonesia,. yg paling cocok buat sya itu jenis limo/ stretch cruisser,. soalnya cholos2 di amerika juga pakai limo

    ReplyDelete
  8. Kalo frame basman uk20 pake pelek tripel itu masuk kelas/kategori apa??
    Sorry newbe

    ReplyDelete
  9. Perakitan untuk sepeda low rider,slx sy cari untuk pembuatan gram mohon info

    ReplyDelete
  10. Kalau sepeda jenis basman Berapa ya?

    ReplyDelete